Tanya Jawab Seputar Metodologi Pembelajaran

 

  1. Sebut dan jelaskan tiga ranah dari perubahan perilaku sebagai hasil belajar dan berikan contohnya!

Jawab: Diakses dari http://www.jejakpendidikan.com/2017/12/ranah-hasil-belajar.html?m=1 pada pukul 10:30 wib.

  1. Ranah Kognitif

Ranah kognitif adalah aspek tingkah laku meliputi perubahan-perubahan dalam segi penguasaan pengetahuan dan perkembangan ketrampilan atau kemampuan yang diperlukan untuk menggunakan pengetahuan tersebut.

Contohnya: a. tes atau pertanyaan lisan di kelas, b. pilihan ganda, c. uraian obyektif, d. uraian non obyektif atau uraian bebas, e. jawaban atau isian singkat, f. menjodohkan, g. portopolio dan h. performans.

  1. Ranah afektif

Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki penguasaan kognitif tingkat tinggi. Ranah ini meliputi perubahan-perubahan dalam segi aspek mental, perasaan dan kesadaran (sikap dan nilai).

Contohnya: Mengamati tingkah laku siswa selama mengikuti proses belajar mengajar berlangsung.

  1. Ranah psikomotoris

Ranah psikomotoris adalah aspek tingkah laku yang meliputi perubahan-perubahan dalam segi bentuk-bentuk tindakan motorik dan keterampilan. Ranah psikomotor adalah ranah yang berkaitan dengan keterampilan atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Menurut Simpson, hasil belajar pada ranah ini tampak dalam bentuk keterampilan dan kemampuan bertindak individu.

Contohnya: Kemampuan psikomotor yang dibina dalam belajar matematika misalnya berkaitan dengan kemampuan mengukur (dengan satuan tertentu, baik satuan baku maupun tidak baku), menggambar bentuk-bentuk geometri (bangun datar, bangun ruang, garis, sudut,dll) atau tanpa alat.

  1. Apakah perbedaan antara pengalaman langsung dan tak langsung dalam pembelajaran? Berikan contohnya.

Jawab:

  1. Pengalaman Langsung adalah proses pendidikan di mana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect.
  2. Pengalaman tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap. Berbeda dengan pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai proses pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh seluruh mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013, semua kegiatan yang terjadi selama belajar di sekolah dan di luar dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler terjadi proses pembelajaran untuk mengembangkan moral dan perilaku yang terkait dengan sikap.

 

  1. Jelaskan pengertian mengajar dan pembelajaran?

Jawab:

  1. Mengajar adalah suatu aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidikan dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga terjadi proses belajar dan tujuan pengajaran tercapai.
  2. Pembelajaran adalah perubahan kekal yang diakibatkan latihan yang diperkukuh dan terjadi proses transfer ilmu antara pendidik dengan peserta didik pada suatu lingkungan.
  1.  Sebut dan jelaskan komponen-komponen pembelajaran!

Jawab: Rujukan: Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rieneka Cipta, 1993).

  1. Peserta didik

Peserta didik adalah manusia dengan segala fitrahnya. Mereka mempunyai perasaaan dan fikiran serta keinginan atau aspirasi. Mereka mempunyai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi yaitu sandang, pangan, papan, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan, dan kebutuhan untuk mengaktualisasi dirinya sesuai dengan potensinya.

  1. Guru

Pengertian guru menurut Muhammad Ali merupakan pemegang peranan sentral proses belajar mengajar. Guru yang setiap hari berhadapan langsung dengan siswa termasuk karakterisrik dan problem mengajar yang mereka hadapi berkaitan dengan proses belajar mengajar.

  1. Tujuan Pembelajaran

Dalam Permendiknas RI No. 52 Tahun 2008 tentang Standar Proses disebutkan bahwa tujuan pembelajaran memberikan petunjuk untuk memilih isi mata pelajaran, menata urutan topik-topik, mengalokasikan waktu, petunjuk dalam memilih alat-alat bantu pengajaran dan prosedur pengajaran, serta menyediakan ukuran (standar) untuk mengukur prestasi belajar siswa.

  1. Materi/isi

Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

  1. Metode

Metode pembelajaran menurut Oemar Hamalik merupakan salah satu cara yang digunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Sedangkan menurut Nana Sudjana metode adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan interaksi atau hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran.

  1. Apa pengertian metodologi pembelajaran agama islam? Jelaskan berdasarkan pemahaman anda!

Jawab:

Metodologi berarti ilmu tentang metode, sementara metode berarti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.  Berdasarkan etimologi tersebut, Metodologi Pengajaran Agama Islam adalah ilmu yang membahas cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan pengajaran Agama Islam untuk memudahkan pelaksanaan pengajaran agama Islam guna mencapai tujuan yang ditentukan.  Dalam pengertian ini Metodologi Pengajaran Agama Islam merupakan suatu cabang ilmu tentang mengajar.

  1. Komponen apa saja yang harus di perhatikan dalam prosedur umum kegiatan pembelajaran? Jelaskan!

Jawab: Diakses pada pukul 11.00 https://www.kompasiana.com/ikayuliastuti/550047ad813311681ffa7433/3-komponen-penting-dalam-pembelajaran

A. Strategi Pembelajaran

Strategi merupakan suatu keputusan bertindak dari guru dengan menggunakan kecakapan dan sumber daya pendidikan yang tersedia untuk mencapai tujuan melalui hubungan yang efektif antara lingkungan dan kondisi yang paling menguntungkan.

B. Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara-cara yang dilaksanakan untuk mengadakan interaksi belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan bagian penting dari strategi belajar mengajar. Metode pembelajaran yang dipilih didasarkan pada strategi pembelajaran yang ditetapkan sebelumnya.

C. Teknik Pembelajaran

Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai carayang dipilih guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.

  1. Jelaskan perbedaan antara model, strategi, metode, dan  pendekatan pembelajaran!

Jawab:

A. Model pembelajaran (menurut Joyce dan Weil, 1986) adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.

B. Strategi pembelajaran (menurut Sanjaya, 2007) adalah pola umum perbuatan guru dan siswa di dalam mewujudkan kegiatan belajar-mengajar sehingga strategi menunjuk kepada karateristik abstrak rentetan perbuatan guru-siswa dalam peristiwa belajar-mengajar. Pada dasarnya strategi masih bersifat konseptual mengenai keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksaan pembelajaran.

C. Metode pembelajaran (menurut Slameto, 2003) adalah cara yang harus dilalui di dalam mengajar. Metode juga dapat diartikan cara yang digunakan dalam rangka mengimplemtasikan rencana kegiatan pembelajaran yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

D. Pendekatan pembelajaran (menurut T. Raka Joni, 1993) diartikan sebagai cara umum dalam memandang permasalahan atau obyek kajian. Pendekatan pembelajaran juga merupakan titik tolak atau cara pandang guru terhadap proses pembelajaran yang berlangsung dan bersifat umum. Pendekatan pembelajaran dapat menguatkan dan melatari metode pembalajaran.

  1. Jelaskan urgensi penggunaan metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar!

Jawab:

Metode merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik. Metode pendidikan hampir sepenuhnya tergantung kepada kepentingan peserta didik, para guru hanya bertindak sebagai motivator, stimulator, fasilitator, ataupun hanya sebagai instruktur. Upaya guru untuk memilih metode yang tepat dalam mendidik peserta didiknya harus disesuaikan dengan tuntutan dan karakteristik peserta didiknya. Ia harus mengusahakan agar pelajaran yang diberikan kepada peserta didiknya mudah diterima.

Seorang guru dituntut agar mempelajari berbagai metode yang digunakan dalam mengajarkan suatu mata pelajaran, seperti bercerita, mendemostrasikan, mencobakan, memecahkan masalah, mendikusikan yang digunakan oleh ahli pendidikan Islam dari zaman dahulu sampai sekarang, dan mempelajari prinsip-prinsip metodologi dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.

  1. Bagaimana hubungan antara metode pembelajaran dengan strategi, model, dan teknik pembelajaran?

Jawab:

Apabila semuanya terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.

  1. Sebutkan, jelaskan dan bandingkan 2 metode pembelajaran yang anda ketahui! (definisi, kelebihan dan kekurangan, dan teknik penggunaan)

Jawab:

A. Metode Pembelajaran Eksperimen

Metode ini tidak hanya metode mengajar, namun juga suatu metode berpikir. Eksperimen dapat menggunakan metode lainya seperti menarik data sampai menarik kesimpulan. Metode ini merupakan penyampaian pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.

Kelebihan metode pembelajaran eksperimen adalah sebagai berikut:

- Membina siswa membuat terobosan baru.

- Membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaan.

- Hasil percobaan yang berharga dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran umat manusia.

 Kelemahan metode pembelajraan eksperimen di antaranya adalah:

- Kesulitan dalam fasilitas.

- Cenderung sesuai bidang sains dan teknologi.

- Menuntut ketelitian, kesabaran, dan ketabahan.

- Setiap percobaan tidak selalu memberikan hasil yang diharapkan.

B. Metode Pembelajaran Tanya Jawab

Metode pembelajaran ini memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat dua arah, sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam metode ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.

Kelebihan metode pembelajaran tanya jawab adalah pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan, mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.

Kelemahan metode pembelajaran tanya jawab antara lain siswa merasa takut (bila guru kurang dapat mendorongnya untuk berani dengan menciptakan suasana yang tidak tegang), tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan mudah dipahami siswa, sering membuang banyak waktu, kurangnya waktu untuk memberikan pertanyaan kepada seluruh siswa.



Posting Komentar

0 Komentar