- Sebut
dan jelaskan tiga ranah dari perubahan perilaku sebagai hasil belajar dan
berikan contohnya!
Jawab: Diakses dari http://www.jejakpendidikan.com/2017/12/ranah-hasil-belajar.html?m=1
pada pukul 10:30 wib.
- Ranah
Kognitif
Ranah kognitif
adalah aspek tingkah laku meliputi perubahan-perubahan dalam segi penguasaan
pengetahuan dan perkembangan ketrampilan atau kemampuan yang diperlukan untuk
menggunakan pengetahuan tersebut.
Contohnya: a.
tes atau pertanyaan lisan di kelas, b. pilihan ganda, c. uraian obyektif, d.
uraian non obyektif atau uraian bebas, e. jawaban atau isian singkat, f.
menjodohkan, g. portopolio dan h. performans.
- Ranah
afektif
Ranah afektif
adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Beberapa pakar mengatakan
bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah
memiliki penguasaan kognitif tingkat tinggi. Ranah ini meliputi perubahan-perubahan
dalam segi aspek mental, perasaan dan kesadaran (sikap dan nilai).
Contohnya:
Mengamati tingkah laku siswa selama mengikuti proses belajar mengajar
berlangsung.
- Ranah
psikomotoris
Ranah
psikomotoris adalah aspek tingkah laku yang meliputi perubahan-perubahan dalam
segi bentuk-bentuk tindakan motorik dan keterampilan. Ranah psikomotor adalah
ranah yang berkaitan dengan keterampilan atau kemampuan bertindak setelah
seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Menurut Simpson, hasil belajar pada
ranah ini tampak dalam bentuk keterampilan dan kemampuan bertindak individu.
Contohnya: Kemampuan psikomotor yang dibina dalam belajar matematika misalnya berkaitan dengan kemampuan mengukur (dengan satuan tertentu, baik satuan baku maupun tidak baku), menggambar bentuk-bentuk geometri (bangun datar, bangun ruang, garis, sudut,dll) atau tanpa alat.
- Apakah
perbedaan antara pengalaman langsung dan tak langsung dalam pembelajaran?
Berikan contohnya.
Jawab:
- Pengalaman
Langsung adalah proses pendidikan di mana peserta didik mengembangkan
pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui
interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan
RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran langsung
tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan
mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis.
Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan
langsung atau yang disebut dengan instructional effect.
- Pengalaman
tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses
pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus.
Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap.
Berbeda dengan pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam
proses pembelajaran langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan
sikap sebagai proses pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh
seluruh mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas,
sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran
Kurikulum 2013, semua kegiatan yang terjadi selama belajar di sekolah dan
di luar dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler terjadi proses
pembelajaran untuk mengembangkan moral dan perilaku yang terkait dengan
sikap.
- Jelaskan
pengertian mengajar dan pembelajaran?
Jawab:
- Mengajar
adalah suatu aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri
dari pendidikan dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam
melakukan suatu kegiatan sehingga terjadi proses belajar dan tujuan
pengajaran tercapai.
- Pembelajaran
adalah perubahan kekal yang diakibatkan latihan yang diperkukuh dan
terjadi proses transfer ilmu antara pendidik dengan peserta didik pada
suatu lingkungan.
- Sebut dan jelaskan komponen-komponen
pembelajaran!
Jawab: Rujukan: Dimyati dan Mujiono,
Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rieneka Cipta, 1993).
- Peserta
didik
Peserta didik
adalah manusia dengan segala fitrahnya. Mereka mempunyai perasaaan dan fikiran
serta keinginan atau aspirasi. Mereka mempunyai kebutuhan dasar yang harus
dipenuhi yaitu sandang, pangan, papan, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan
untuk mendapatkan pengakuan, dan kebutuhan untuk mengaktualisasi dirinya sesuai
dengan potensinya.
- Guru
Pengertian guru
menurut Muhammad Ali merupakan pemegang peranan sentral proses belajar
mengajar. Guru yang setiap hari berhadapan langsung dengan siswa termasuk
karakterisrik dan problem mengajar yang mereka hadapi berkaitan dengan proses
belajar mengajar.
- Tujuan
Pembelajaran
Dalam
Permendiknas RI No. 52 Tahun 2008 tentang Standar Proses disebutkan bahwa
tujuan pembelajaran memberikan petunjuk untuk memilih isi mata pelajaran,
menata urutan topik-topik, mengalokasikan waktu, petunjuk dalam memilih
alat-alat bantu pengajaran dan prosedur pengajaran, serta menyediakan ukuran
(standar) untuk mengukur prestasi belajar siswa.
- Materi/isi
Secara garis
besar dapat dikemukakan bahwa materi pembelajaran (instructional materials) adalah
pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam
rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
- Metode
Metode
pembelajaran menurut Oemar Hamalik merupakan salah satu cara yang digunakan
oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya
pembelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Sedangkan menurut Nana
Sudjana metode adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan interaksi atau
hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran.
- Apa
pengertian metodologi pembelajaran agama islam? Jelaskan berdasarkan
pemahaman anda!
Jawab:
Metodologi
berarti ilmu tentang metode, sementara metode berarti cara kerja yang bersistem
untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang
ditentukan. Berdasarkan etimologi
tersebut, Metodologi Pengajaran Agama Islam adalah ilmu yang membahas cara
kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan pengajaran Agama Islam untuk
memudahkan pelaksanaan pengajaran agama Islam guna mencapai tujuan yang
ditentukan. Dalam pengertian ini
Metodologi Pengajaran Agama Islam merupakan suatu cabang ilmu tentang mengajar.
- Komponen
apa saja yang harus di perhatikan dalam prosedur umum kegiatan
pembelajaran? Jelaskan!
Jawab: Diakses pada pukul 11.00 https://www.kompasiana.com/ikayuliastuti/550047ad813311681ffa7433/3-komponen-penting-dalam-pembelajaran
A. Strategi Pembelajaran
Strategi merupakan suatu keputusan
bertindak dari guru dengan menggunakan kecakapan dan sumber daya pendidikan
yang tersedia untuk mencapai tujuan melalui hubungan yang efektif antara
lingkungan dan kondisi yang paling menguntungkan.
B. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran dapat diartikan
sebagai cara-cara yang dilaksanakan untuk mengadakan interaksi belajar mengajar
dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan bagian
penting dari strategi belajar mengajar. Metode pembelajaran yang dipilih
didasarkan pada strategi pembelajaran yang ditetapkan sebelumnya.
C. Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran dapat diartikan
sebagai carayang dipilih guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara
spesifik.
- Jelaskan
perbedaan antara model, strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran!
Jawab:
A. Model pembelajaran (menurut Joyce
dan Weil, 1986) adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang
sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan
belajar tertentu dan sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para
pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.
B. Strategi pembelajaran (menurut
Sanjaya, 2007) adalah pola umum perbuatan guru dan siswa di dalam mewujudkan
kegiatan belajar-mengajar sehingga strategi menunjuk kepada karateristik
abstrak rentetan perbuatan guru-siswa dalam peristiwa belajar-mengajar. Pada
dasarnya strategi masih bersifat konseptual mengenai keputusan-keputusan yang
akan diambil dalam suatu pelaksaan pembelajaran.
C. Metode pembelajaran (menurut
Slameto, 2003) adalah cara yang harus dilalui di dalam mengajar. Metode juga
dapat diartikan cara yang digunakan dalam rangka mengimplemtasikan rencana
kegiatan pembelajaran yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran
yang diharapkan.
D. Pendekatan pembelajaran (menurut
T. Raka Joni, 1993) diartikan sebagai cara umum dalam memandang permasalahan
atau obyek kajian. Pendekatan pembelajaran juga merupakan titik tolak atau cara
pandang guru terhadap proses pembelajaran yang berlangsung dan bersifat umum.
Pendekatan pembelajaran dapat menguatkan dan melatari metode pembalajaran.
- Jelaskan
urgensi penggunaan metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar!
Jawab:
Metode merupakan hal yang sangat
penting bagi peserta didik. Metode pendidikan hampir sepenuhnya tergantung
kepada kepentingan peserta didik, para guru hanya bertindak sebagai motivator,
stimulator, fasilitator, ataupun hanya sebagai instruktur. Upaya guru untuk
memilih metode yang tepat dalam mendidik peserta didiknya harus disesuaikan
dengan tuntutan dan karakteristik peserta didiknya. Ia harus mengusahakan agar
pelajaran yang diberikan kepada peserta didiknya mudah diterima.
Seorang guru dituntut agar
mempelajari berbagai metode yang digunakan dalam mengajarkan suatu mata
pelajaran, seperti bercerita, mendemostrasikan, mencobakan, memecahkan masalah,
mendikusikan yang digunakan oleh ahli pendidikan Islam dari zaman dahulu sampai
sekarang, dan mempelajari prinsip-prinsip metodologi dalam ayat-ayat Al-Qur’an
dan Sunnah Rasulullah SAW.
- Bagaimana
hubungan antara metode pembelajaran dengan strategi, model, dan teknik
pembelajaran?
Jawab:
Apabila semuanya terangkai menjadi
satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model
pembelajaran. Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran
yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari
penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
- Sebutkan,
jelaskan dan bandingkan 2 metode pembelajaran yang anda ketahui!
(definisi, kelebihan dan kekurangan, dan teknik penggunaan)
Jawab:
A. Metode Pembelajaran Eksperimen
Metode ini tidak hanya metode
mengajar, namun juga suatu metode berpikir. Eksperimen dapat menggunakan metode
lainya seperti menarik data sampai menarik kesimpulan. Metode ini merupakan penyampaian
pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan
sendiri sesuatu yang dipelajari.
Kelebihan metode pembelajaran
eksperimen adalah sebagai berikut:
- Membina siswa membuat terobosan
baru.
- Membuat siswa lebih percaya atas
kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaan.
- Hasil percobaan yang berharga
dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran umat manusia.
Kelemahan metode pembelajraan eksperimen di
antaranya adalah:
- Kesulitan dalam fasilitas.
- Cenderung sesuai bidang sains dan
teknologi.
- Menuntut ketelitian, kesabaran,
dan ketabahan.
- Setiap percobaan tidak selalu
memberikan hasil yang diharapkan.
B. Metode Pembelajaran Tanya Jawab
Metode
pembelajaran ini memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat dua
arah, sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru
bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam metode ini
terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.
Kelebihan
metode pembelajaran tanya jawab adalah pertanyaan dapat menarik dan memusatkan
perhatian siswa, merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir,
termasuk daya ingatan, mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam
menjawab dan mengemukakan pendapat.
Kelemahan
metode pembelajaran tanya jawab antara lain siswa merasa takut (bila guru
kurang dapat mendorongnya untuk berani dengan menciptakan suasana yang tidak
tegang), tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan
mudah dipahami siswa, sering membuang banyak waktu, kurangnya waktu untuk
memberikan pertanyaan kepada seluruh siswa.
0 Komentar