RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Madrasah
Tsanawiyah Manba’us Sunah Al-Ittihad Poncol
Mata Pelajaran : Mulok
Nahfwu Sorof
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 30 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
1.
Memahami Isim Isyaroh(kata tunjuk/kata penghubung dalam bahasa arab).
B. Kompetensi Dasar :
1.1.
Menjelaskan pembagian lafal isim isyaroh dengan dasarnya.
1.2.
Menjelaskan hukum dan maknanya lafal isim isyaroh.
C. Tujuan Pembelajaran :
Ø
Dapat menyebutkan lafal-lafal isim isyaroh.
Ø
Dapat menjelaskan pengertian isim isyaroh.
Ø
Dapat menjelaskan tujuan isim isyaroh.
D. Materi Pembelajaran :
Ø
Dasar–dasar
isim isyaroh
Ø
Pengertian
isim isyaroh
Ø
Tujuan isim isyaroh
E. Metode Pembelajaran :
Ø
Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø
Kerja kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pendalaman isim isyaroh, macam-macam isim
isyaroh.
Ø
Diskusi: Metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Ø Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan |
Waktu |
Aspek life skill yang
dikembangkan |
v
Pendahuluan: Orientasi: Ø Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka Ø Menyuruh ketua
kelas memimpin do’a Ø Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Apersepsi dan Motivasi : Ø Menanyakan
kepada siswa tentang isim isyaroh Ø Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam pendidikan v Kegiatan inti Ø Siswa
beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, macam-macam, dan tujuan isim
isyaroh
(eksplorasi) Ø Siswa
membaca berbagai sumber tentang isim isyaroh dan tujuan isim
isyaoh(Eksplorasi) Ø Siswa
saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang
pengertian, macam-macam, dan tujuan isim isyaroh (Elaborasi) Ø Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal
yang masih belum jelas (elaborasi) Ø Guru
memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian, macam-macam dan tujuan isim isyaroh (Konfirmasi) v
Kegiatan penutup. Peserta didik: Ø Membuat
rangkuman pelajaran tentang point-point yang penting dalam pembelajaran Ø Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan Guru: Ø Guru
melaksanakan penilaian lisan Ø Memberikan
tugas pengayaan Ø Mengucapkan salam/do’a penutup |
10 50 5 10 5 |
v Pemahaman Konsep |
G. Sumber Pembelajaran
Ø
Kitab Qowaidus Sorfiyah juz 2
Ø
Kitab-kitab Nahwu Sorof
H. Assessment/ Penilaian
Penilaian
Indikator
Pencapaian |
Jenis
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Contoh
Instrumen |
Ø Siswa
dapat menyebutkan pembagian isim isyaroh Ø Siswa
dapat menjelaskan pengertian isim
isyaroh Ø Siswa
dapat menjelaskan tujuan isim isyaroh |
Tes tulis Tes tulis Tes Tulis |
Jawab singkat Uraian Uraian |
Ø Sebutkan
macam-macam isim isyaroh? Ø Jelaskan pengertian isim isyaroh? Ø Jelaskan tujuan isim isyaroh ? |
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Ust. Khusni Mubarok S.pd
0 Komentar